Bahaya Makan Buah Durian bagi Ibu Hamil

Secara tradisional memang durian tidak boleh dimakan sewaktu hamil. Durian dipercaya memiliki efek "panas" yang berbahaya bagi kehamilan. Namun penelitian mengenai efek durian untuk konsumsi wanita hamil belum ada sehingga secara medis belum terbukti bahwa durian tersebut berbahaya bagi wanita hamil.

Buah durian mengandung banyak gas, glukosa, kolesterol dan juga sedikit alkohol. Setelah mengonsumsi durian, gas dalam perut dapat menimbulkan kontraksi. Dampak buruk lainnya, durian dapat menyebabkan terjadinya diabetes karena glukosa yang ada dalam durian. sedangkan kolesterol dan alkohol menimbulkan efek buruk pada jantung.

Sebenarnya tidak ada larangan makanan apa pun untuk wanita yang sedang hamil. Semua makanan boleh dikonsumsi. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar porsinya. Untuk durian satu atau dua biji saja sudah cukup, jangan lebih. Hal ini untuk menghindari efek yang ditimbulkan dari kandungan durian (diabetes dan penyakit jantung).

Pada pasien dengan kehamilan trimester pertama sebaiknya menahan diri dulu untuk tidak mencicipi buah ini. Karena pada usia kehamilan ini kontraksi yang timbul kemungkinannya lebih besar.

Tidak ada larangan untuk memakan buah durian. Namun apabila Anda merasa ragu-ragu untuk mengkonsumsi durian maka konsultasikan kembali ke dokter kebidanan dan kandungan Anda. Semoga dapat membantu




Tips Wanita

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us