Membatasi jam makan ternyata bikin jantung sehat dan awet muda

Masalah menjaga kesehatan tubuh ternyata tak hanya tentang makanan apa saja yang dikonsumsi, tetapi juga kapan makanan itu dikonsumsi. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa membatasi jam makan bisa membuat jantung tetap sehat dan awet muda. Seperti apa membatasi jam makan yang dimaksud peneliti?

Membatasi jam makan ternyata bikin jantung sehat dan awet muda

Peneliti dari San Diego State University dan Salk Institute for Biological Studies menemukan bahwa membatasi makan hanya selama 12 jam dalam sehari dan tidak makan di malam hari ternyata berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Orang yang hanya makan 12 jam sehari memiliki jantung yang lebih sehat dan awet muda.

Sebelumnya, penelitian telah menemukan bahwa orang yang sering makan di malam hari memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tak makan di malam hari.
Dalam penelitian ini, peneliti mengamati dua kelompok lalat buah yang diberikan diet standar namun diberi makan pada waktu yang berbeda. Satu kelompok makan hanya selama 12 jam, sementara satu kelompok lainnya makan selama 24 jam, tanpa ada batasan waktu. Setelah itu, peneliti mengamati kesehatan jantung kelompok lalat buah.
Setelah tiga minggu diketahui bahwa lalat buah yang makan dalam waktu 12 jam memiliki jantung yang lebih muda dan lebih sehat. Padahal keduanya makan makanan yang sama dalam jumlah waktu yang sama, hanya waktunya yang berbeda.

Penelitian ini juga mendukung hasil penelitian sebelumnya yang mengungkap bahwa makan dengan batasan waktu bisa mencegah diabetes, obesitas, dan penyakit metabolisme. Sayangnya peneliti tak menjelaskan lebih lanjut apakah jam makan selama 12 jam tersebut dilakukan berturut-turut dari pagi hingga siang atau boleh dilakukan tak berturut-turut dengan batas waktu yang ditentukan.




Info Sehat

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us