Kulit Manggis, Obat Herbal Alami Sakit Kepala

Semua pasti pernah merasakan sakit kepala, Jika memang sakit kepala sangat menggangu atasi dari sekarang sebab jika tidak segera di obati sakit kepala akan lebih parah, banyak faktor penyebab sakit kepala diantara nya sering meroko, terlalu banyak kafein, melewatkan makan siang dan lain sebagai nya. Untuk itu anda yang tidak ingin terserang sakit kepala hal yang paling mudah ialah mencegah nya dengan pengobatan tradisional sakit kepala.

Kafein
Orang-orang yang sering sakit kepala biasanya bersahabat dengan kopi. Kafein memang bisa menjadi kawan sekaligus lawan. Faktanya, beberapa jenis obat sakit kepala mengandung kafein di dalamnya. Namun di lain pihak, kafein juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Melewatkan makan siang
Perut kosong gara-gara tak sempat makan siang pada sebagian orang kerap menyebabkan sakit kepala. Selain pusing, perut kosong juga membuat gula darah turun, akibatnya tubuh terasa lemas. Segeralah makan siang dengan gizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan manis, seperti cokelat untuk mengisi perut kosong. Gula dari makanan manis akan membuat gula darah melambung untuk kemudian turun lebih rendah lagi. Untuk itu anda yang menderita sakit kepala atasi dengan pengobatan tradisional sakit kepala

Rokok
Merokok termasuk dalam penyebab sakit kepala, bukan cuma terhadap orang yang merokok, tetapi juga perokok pasif di sekitarnya. Kandungan nikotin akan menyebabkan pembuluh darah ke otak menyempit, akibatnya aliran darah ke otak berkurang.

Sakit kepala suatu kondisi sakit yang terletak di sekitar kepala, terkadang rasa sakit pada leher atau bagian atas leher juga disebut sakit kepala. Sakit kepala merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dirasakan orang banyak. Untuk itu anda yang menderita sakit kepala atasi dengan pengobatan tradisional sakit kepala

Penyebab utamanya antara lain ketegangan otot, migrain, kelelahan mata, dehidrasi, tekanan gula darah yang rendah, hipermastikasi dan sinusitis. Ada juga penyebab sakit kepala yang lebih jarang yang disebabkan keadaan tubuh yang sakit seperti meningitis, encephalitis, cerebral aneurysms, tekanan darah tinggi dan tumor otak. Persentase sakit kepala pada wanita banyak yang disebabkan fluktuasi yang terlalu tinggi pada hormon estrogen, terutama saat menstruasi. Untuk itu anda yang menderita sakit kepala atasi dengan pengobatan tradisional sakit kepala

Manggis (Garcinia mangostana.L)

Manggis tumbuh liar di hutan dan pegunungan dengan ketinggian pohon bisa mencapai lebih dari 15 meter namun mempunyai masa berbuah yang membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun. Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati melimpah adalah salah satu sentra penghasil manggis yang diekspor ke berbagai belahan dunia seperti Amerika dan Eropa. Berdasarkan informasi yang saya dapat, di Eropa sana nilai jual kulit manggis sangat tinggi. Di sana kulit manggis dijadikan jus yang harganya mencapai 20 US dolar atau berkisar 200 ribu rupiah per gelas.
Sedangkan di Negara kita, buah manggis dijadikan bahan tebak-tebakan bahkan bisa jadi permainan. Mungkin sudah lama ada yang meyakini bahwa buah manggis itu berkhasiat, namun soal manfaat kulit manggis baru belakangan ini diketahui. Warna kulit manggis yang ungu diyakini kaya akan zat antioksidan kuat.

Kulit dari ratu segala buah Tropis (Queen of The Tropic Fruits) ini dapat menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Kadarnya mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa Xanthone dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Apalagi zaman sekarang, kita sudah banyak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimiawi, bahan polutan dan bahan tiruan, dan itu semua sudah tak terelakkan lagi. Selain itu Xanthone bukan hanya sebagai antioksidan, tetapi juga antikanker. Belakangan ini para ilmuwan juga sedang melakukan uji potensi kulit manggis sebagai obat HIV.

Manggis telah diidentifikasi sebagai salah satu super top-makanan di dunia. Pohon Manggis hanya tumbuh di asai Tenggara.Ini adalah buah dilahirkan oleh pohon yang menciptakan semua kehebohan ini.  Telah digunakan selama berabad-abad oleh para penyembuh tradisional daerah untuk mengobati sejumlah penyakit , dan sebagai pembunuh-inflamasi anti nyeri.  Bagian putih lembut buah kaya akan nutrisi, tetapi adalah kulit luar, yang dikena pericarp ini super antioksidan di kenal sebagai xanthones.  Bahkan untuk xanthones manggis berisi lebih dari makanan lain yang dikenal manusia dan inilah xanthones dari bertindak sebagai pereda nyeri super anti inflamasi .

Inilah karakteristik yang menguntungkan penderita migrain  dan membantu untuk meringankan rasa sakit .

Tapi Manggis juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.  Selain Manggis dilaporkan dapat menghambat penyebaran berbagai jenis kanker, termasuk hati, payudara dan kanker darah. Untuk itu anda yang tidak ingin terserang sakit kepala hal yang paling mudah ialah mencegah nya dengan pengobatan tradisional sakit kepala.

Obat Herbal

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us