Tips Mencukur Kumis dan Jenggot

Mencukur kumis dan jenggot merupakan rutinitas pria. Jenggot dan kumis bagi sebagian pria dianggap sebagai lambang kejantanan. Namun tak sedikit yang kurang menyukai pertumbuhan bulu-bulu halus pada area wajah.

Mencukur adalah jalan untuk menghilangkan jenggot dan kumis itu. Umumnya barber shop menawarkan jasa mencukur jenggot dan kumis. Namun aktivitas ini tidak ada salahnya jika dilakukan sendiri di rumah. Anda dapat membentuk gaya sendiri atau membabatnya hingga benar-benar licin. Untuk melakukan aktivitas mencukur ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tips Mencukur yang Benar
  1. Sebelum mencukur sebaiknya kompres terlebih dahulu bagian wajah dengan menggunakan air hangat, untuk melemaskan pangkal dan akar bulu agar pori-pori terbuka dan lebih mudah saat dicukur. Jika ingin melakukan wet shaving gunakan scrug dari sabun muka atau shaving foam dengan cara mengoleskannya pada area yang dicukur. Pijatlah perlahan-lahan hingga otot pangkal bulu mulai melemas kemudian mulailah mencukur.
  2. Bagian pertama yang harus dicukur adalah bulu pada garis rahang, pipi dan leher. Kumis dan jenggot perlu mendapat perhatian khusus karena mungkin Anda akan mencukurnya sesuai dengan pola yang di inginkan. Cukur janggut searah dengan tumbuhnya rambut. Lakukanlah dengan hati-hati, tarik pisau cukur dengan jalur searah sebanyak dua kali hingga bulu benar-benar bersih.
  3. Bulu di rahang, pipi dan leher sebaiknya dicukur mengikuti bentuk curva wajah agar kulit tidak terluka.
  4. Pada jenggot, jika menginginkan hasil yang lebih halus sebaiknya mencukur dengan arah berlawananan dengan arah pertumbuhannya. Hati-hati jangan terlalu menekan keras karena bisa melukai kulit Anda.
  5. Untuk membuat pola jenggot atau kumis, gunakan gunting kecil khususuntuk mencukur yang berujung lancip dan tipis. Gunting terlebih dahulu bagian tepi jenggot dan kumis sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Untuk hasil tipis, gunakan hair clipper khusus buat jenggot.
  6. Setelah selesai bercukur bilaslah dengan air hangat dan bersihkan dengan handuk yang lembut. Jika terjadi luka sebaiknya bersihkan dengan menggunakan cairan antiseptik agar tidak menimbulkan bakteri. Jangan menggunakan alkohol karena akan membuat kulit menjadi kering.
  7. Pakailah tonik atau cream after shave setelah selesai mencukur agar permukaan kulit kembali lembut. Hindari after shave beralkohol, pakai yang ber-gel.
Berbagai cara mencukur kumis serta jenggot anda… atau anda memiliki tips tersendiri…


sumber: http://blogbintang.com/

Info Unik

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us