Pasak Bumi Menangkal Kerusakan Hati

Banyak cara untuk menjaga kesehatan hati, seperti dengan mengonsumsi tanaman herbal. Salah satunya adalah akar tumbuhan pasak bumi (Eurycoma longifolia). Bahkan dari hasil penelitian riset yang dilakukan Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, mahasiswa S3 Program Studi Biologi Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) membuktikan bahwa akar tumbuhan pasak bumi berkhasiat melindungi hati dari kerusakan.

Tak heran, dengan khasiatnya itu pasak bumi banyak diekspor ke luar negeri  untuk digunakan sebagai bahan pembuatan obat herbal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Forest Research of Malaysia, membuktikan bahwa pasak bumi mengandung bahan aktif yang dapat memperbaiki kadar testosteron pada pria dewasa serta memperlancar peredaran darah termasuk ke arah alat kelamin pria.

Hampir seluruh bagian tumbuhan ini dapat digunakan untuk obat. Sudah lama tanaman ini dimanfaatkan orang terutama di Asia sebagai obat bagi bermacam-macam penyakit, di antaranya sebagai anti biotik, anti inflamasi, anti hipertensi, anti piretik, tonikum, sakit perut, malaria, dan yang paling terkenal adalah sebagai obat kuat bagi pria dewasa.

Di Malaysia tanaman ini disebut Tongkat Ali dan sering digunakan sebagai penawar demam, penyembuh luka-luka di gusi atau gangguan cacing serta memulihkan stamina setelah melahirkan. Sedangkan di Kalimantan dan Sabah kulit batang digunakan untuk mengobati nyeri pada tulang. Daun pasak bumi yang masih muda dapat dimakan untuk pengobatan sakit perut. Di Vietnam bunga dan buah pasak bumi digunakan untuk obat desentri.

Tanaman pasak bumi tumbuh di hutan-hutan dengan tingginya dapat mencapai 10 meter. Biasanya, daunnya rimbun pada ujung batang. Kebanyakan pohon ini tidak bercabang. Sekalipun ada percabangan tidak begitu banyak yaitu satu atau dua cabang saja. Bunganya tersusun padat pada tangkai yang bercabang, yang keluar dari pangkal daun.

Pasak bumi telah terbukti dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Namun untuk mendapat khasiatnya pasak bumi tidak cukup sekali mengonsumsinya. Hasilnya dapat dilihat setelah pemakaian secara terus-menerus selama beberapa minggu.

Meski begitu, pasak bumi tidak cocok buat orang yang tengah melakukan diet atau mempertahankan kelangsingan tubuhnya. Karena pemakaian pasak bumi akan memperbesar otot.


sumber: http://www.mediaperkebunan.net/index.php?option=com_content&view=article&id=566:pasak-bumi-menangkal-kerusakan-hati&catid=15:kesehatan&Itemid=33




Obat Herbal

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us