11 Jenis Buah yang Aman Dikomsumsi Penderita Diabetes

Ada mitos terkait buah-buahan yang mengandung gula tinggi dan harus dihindari oleh penderita diabetes. Namun, yang benar adalah, tidak ada buah yang benar-benar "buruk".

Penderita diabetes justru penting mengonsumsi buah-buah dengan indeks glikemik (IG) lebih rendah. Indeks glikemik makanan adalah ukuran dari efek makanan kaya karbohidrat terhadap kadar gula darah seseorang.

Penderita diabetes yang ingin menjaga gula darahnya harus mengonsumsi makanan bergizi. Tak terkecuali dengan buah-buahan.

11 Jenis Buah yang Aman Dikomsumsi Penderita Diabetes
Sering kali ada ketakutan di antara diabetesi untuk mengonsumsi buah-buahan karena mengandung gula cukup tinggi. Padahal, beberapa buah-buahan kaya antioksidan, mineral, dan vitamin, tetapi indeks glikemiknya rendah.

Berikut beberapa buah yang aman dikonsumsi penderita diabetesi.

1. Alpukat
Alpukat adalah buah ramah diabetes dan jantung. Buah ini mengandung serat dan karbohidrat yang mencegah diabetes tipe 2. Alpukat dapat dimakan sebagai salad dan dressing atau dimakan mentah.

2. Stroberry
Stroberry membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kadar gula darah tetap stabil, Anda juga merasa berenergi lebih lama. Stroberi kaya antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan baik untuk mata. Sekali lagi, buah merah ini memiliki IG rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.

3. Ceri
Mengandung sifat anti-inflamasi, rendah kalori, dan kaya serat. Buah ini ideal bagi penderita diabetes. (Baca: Diabetesi Disarankan Makan Sahur Jelang Imsak)

4. Apel
Ini adalah buah paling umum yang mengandung serat dan karbohidrat. Mengonsumsi buah ini dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga menurunkan ancaman diabetes tipe 2.

5. Blueberry
Warna biru blueberry berasal dari anthocyanin, jenis antioksidan dalam buah tersebut. Ini adalah buah-buahan kaya serat tinggi yang memangkas risiko diabetes.

6. Melon
Semua pasien diabetes tidak perlu merasa bersalah menginginkan sesuatu yang manis. Mereka bisa makan semua jenis melon, seperti muskmelon, semangka, honeydew, dan pepino. Melon mengandung antioksidan lycopene dan vitamin C. Kandungan air yang melimpah dalam melon membuat Anda tetap kenyang, tanpa menginginkan hal lain lagi.

7. Kiwi
Buah kiwi tidak hanya enak dipandang, tetapi juga dimakan. Kiwi rendah karbohidrat dan kaya kalium, serat, dan vitamin C. Pasien diabetes dapat menikmati kiwi tanpa rasa bersalah.

8. Pir 
Pir adalah buah-buahan kaya serat dan potasium. Buah ini menambahkan variasi untuk makanan penderita diabetes, dan bisa dijadikan salad dan smoothies.

9. Jeruk
Jeruk memiliki kandungan serat larut tinggi, yang membantu menjaga kadar gula dalam tubuh tetap terkontrol. Buah ini juga kaya akan vitamin C, dan baik dinikmati mentah atau dibuat jus.

10. Jambu

Jambu rendah IG dan tinggi serat. Jambu memberikan sejumlah besar energi, dan kaya vitamin C. Dengan begitu banyak variasi, pasien diabetes tidak perlu kompromi pada kesehatan mereka sama sekali. Mereka bisa menikmati setiap buah-buahan ini dengan hati senang asal dalam porsi yang tepat.

11. Anggur
Anggur secara alami tinggi gula, tapi cara teraman untuk mengkonsumsi buah ini adalah dalam porsi kecil. Porsi kecil anggur tidak akan memiliki terlalu banyak IG sehingga kadar gula Anda tidak akan terpengaruh. Anggur merah dan hitam kaya akan antioksidan.




Info Sehat

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us