Bawang Putih Tunggal untuk Diabetes

Bawang putih telah lama menjadi teman setia mereka yang bergelut di dunia masak-memasak. Tidak banyak yang tahu kalau bumbu masak yang satu ini memiliki beragam khasiat dan kegunaan. Salah satunya, khasiat bawang putih tunggal yang bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah Diabetes.

Bawang putih ini mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. Selain itu, bawang putih tunggal mengandung allicin sebagai antikolesterol. Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang tumbuh dengan satu siung bergelantung di beberapa batang pohonnya, bentuknya bulat dan berwarna putih bersih.

Khasiat Bawang Putih Tunggal

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kalau sudah begitu, penyakit jantung dan darah tinggi jadi menjauh.

  2. Pencegah kanker. Kandungan sulfida dalam bawang putih dapat membantu hati dalam pembentukan senyawa kimia beracun dan senyawa kimia penyebab kanker. Konsumsilah bawang putih secara teratur agar risiko terkena kanker tidak menghinggapi tubuh Anda.

  3. Mengobati flu. Rasa dan bau yang khas bawang putih mampu meningkatkan kerja membran mucous yang ada di saluran pernapasan sehingga napas menjadi lega karena lendir telah keluar dari hidung yang mampat.

  4. Alat kontrol penderita diabetes. Seperti kita ketahui, penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis dan berlemak. Hal ini seringkali membuat mereka mudah lemas dan tidak bersemangat. Bawang putih tunggal yang dimasukkan dalam olahan makanan santapannya mampu meningkatkan stamina sehingga manfaat makanan yang baik bisa didapat.

  5. Bagi yang mempunyai sakit maag. Anda bisa memanfaatkan bawang putih tunggal sebagai penahan rasa sakit sebelum maag menyerang. Kupas dan cuci bawang ini, lalu kunyah. Lakukan sehari tiga kali.

  6. Selain itu, bisa mengatasi asma, masuk angin, dan batuk. Bawang putih tunggal yang telah dihaluskan dicampur dengan madu dan cairan gula batu. Lalu, disaring dan minum setiap pagi.
Tanaman yang tersebar hampir di seluruh kepulauan Indonesia ini secara ilmu pasti bisa dibuktikan khasiatnya. Kandungan kimia yang baik dalam bawang ini tidak hanya terdapat pada daging buahnya, tetapi umbi batangnya. Bawang putih tunggal kini dibuat dalam bentuk kapsul supaya memudahkan konsumen dalam meminum dan mendapat khasiatnya.

Penderita hipertensi bisa menurun tekanan darahnya karena adanya kalsium tinggi. Saltivine dalam bawang bisa membantu manusia dalam proses regenerasi sel. Anda yang khawatir pada anak-anak karena sering bermain dengan tanah dan tempat kotor, kandungan disulfidanya berperan sebagai antibakteri dan anticacingan.

Hati-hati terhadap bau yang ditimbulkan setelah Anda memakannya. Bau tersebut dapat dihilangkan bukan dengan memakan permen, melainkan meminum minuman pekat hangat, seperti teh atau kopi.


Tanaman Obat Bawang Lanang / Bawang Tunggal : http://mahkotadewa.net/




Info Sehat, Obat Herbal

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us