Spons cuci piring lebih jorok dibandingkan dudukan toilet

Jika Anda berpikir bahwa toilet adalah benda yang paling jorok dan berkuman di dalam rumah, pikirkan lagi. Anda akan sangat terkejut ketika mengetahui bahwa ada benda lain yang lebih jorok dibandingkan dudukan toilet, yaitu spons cuci piring.

Spons cuci piring lebih jorok dibandingkan dudukan toilet
Penelitian mengungkap bahwa spons cuci piring ternyata lebih jorok, terutama ketika spons masih basah dan lembap. Spons yang lembap adalah lingkungan yang sangat ideal bagi bakteri untuk tumbuh berlipat ganda.

Sebuah penelitian di University of Arizona menemukan bahwa sekitar 10 persen spons cuci piring mengandung bakteri salmonella, E.coli, dan bakteri yang berasal dari kotoran manusia. Bahkan peneliti juga menemukan bakteri kotoran yang bahkan tak ada pada dudukan toilet.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 1.000 spons cuci di dapur dan kain yang digunakan untuk membersihkan dapur. Spons cuci sering digunakan, namun kebersihannya seringkali jangan diperhatikan oleh banyak orang.

Untuk menjaga kebersihan dapur dan spons cuci, sebaiknya bersihkan konter dan tempat cuci dengan disinfektan atau cairan anti kuman lebih sering. Selain itu, ganti spons cuci piring paling tidak dua bulan sekali. Bersihkan spons cuci secara teratur dengan mencucinya menggunakan air hangat atau merendamnya dalam air panas untuk menghilangkan kuman di dalamnya.




Info Sehat

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us