6 Cara untuk Mengobati Acne Vulgaris

Acne vulgaris merupakan istilah ilmiah dari jerawat. Penyakit kulit ini umumnya dialami mereka yang sedang mengalami masa puber. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat bisa terjadi di segala usia. Berikut adalah beberapa tips untuk mengobati acne vulgaris.


1. Mencuci wajah dengan air

Cara paling sederhana untuk mengobati acne vulgaris adalah dengan mencuci wajah setiap dua jam pertama dengan air hangat dan kemudian dengan air normal atau dingin. Perlu diingat bahwa jerawat tidak boleh disentuh oleh jari karena itu bisa menyebar ke daerah lain dari wajah, punggung, atau dada.

2. Gunakan cendana dan air mawar

Campur bubuk cendana dengan air mawar. Aduk rata hingga membentuk pasta kental. Kemudian oleskan masker itu ke seluruh wajah dan biarkan kering. Bilas wajah dengan air hangat. Perawatan sederhana ini dapat membuang kelebihan minyak di kulit dan menghentikan peradangan jerawat.

3. Makanan bernutrisi

Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C dapat membantu menyembuhkan jerawat. Maka, perbanyak makan buah, sayuran hijau, serta kurangi makan makanan berminyak atau pedas.

4. Kunjungi dokter kulit

Jika jerawat tidak sembuh dalam 2 sampai 3 minggu, kondisi ini perlu mendapat perhatian medis. Dokter kulit akan memberikan Anda antibiotik, gel atau berusaha menguras cairan septik dari jerawat. Dalam kasus jerawat yang parah, disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk menghindari masalah lebih lanjut.

5. Olahraga rutin

Jerawat bisa disebabkan berbagai alasan, tetapi berolahraga secara teratur juga berdampak pada kesehatan kulit, termasuk mencegah timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan olahraga mampu menyingkirkan stres yang dapat mempengaruhi perubahan hormonal dalam tubuh.

6. Ganti kosmetik

Jika Anda rentan terhadap jerawat, hindari penggunaan kosmetik berbasis minyak. Hindari penggunaan produk kosmetik apapun pada daerah yang berjerawat karena itu bisa memperburuk kondisi kulit Anda. Jangan lupa untuk mencuci muka dengan air hangat, segera setelah menghapus makeup dari wajah.

Inilah enam tips untuk mengobati acne vulgaris atau jerawat. Perbanyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah timbulnya jerawat.




Tips Wanita

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us