Cara Tepat Luluran Agar Cantik Maksimal

Luluran atau scrubbing menjadi cara paling alami dan mudah dilakukan di rumah untuk merawat kulit agar tampil cantik maksimal. Alih-alih luluran di salon yang memakan waktu, lulur mandi yang praktis digunakan bisa menjadi salah satu pilihan cara perawatan kulit di rumah.



Rutin
Meski luluran punya banyak manfaat untuk mencerahkan kulit, rupanya banyak perempuan yang jarang melakukan perawatan ini.

Riset lulur menyebutkan, 48 persen responden mengaku merawat tubuh dengan lulur seminggu sekali. Sebagian besar, 58 persen melakukan luluran sebulan sekali. Bahkan ada sebagian perempuan yang merawat kulit dengan lulur dalam waktu tak tentu.

Menurut dermathologist, dr Ratna Komala Dewi, SpKK, MKes, luluran atau scrubbing sebaiknya dilakukan rutin seminggu sekali, atau dua minggu sekali, juga sebulan sekali tergantung kondisi kulit, aktivitas dan kebutuhan perawatan kulit seseorang.

Bahan lulur
Yang juga perlu diperhatikan saat luluran adalah pilihan bahan lulur. Keinginan tampil cantik maksimal dengan kulit cerah terawat bisa pudar jika lulur yang Anda pakai justru menimbulkan masalah seperti iritasi.

Dr Ratna menyarankan pilih jenis lulur yang tidak merusak kulit. Lulur dengan butiran kasar bersifat abrasif yang bukan hanya menimbulkan rasa sakit saat luluran tapi juga menyebabkan iritasi. Gejala lain dari lulur dengan butiran kasar adalah kulit merah, perih, dan gatal.

"Beberapa orang melakukan luluran dengan gula pasir, ini jelas tidak boleh dilakukan karena teksturnya kasar," ungkap dr Ratna.

Selain butiran halus, perhatikan juga kandungan lulur dan aromanya. Pilih lulur yang mengandung vitamin untuk membantu merawat kulit. Selain pilih lulur dengan aroma segar, karena aroma tak sedap bukan hanya membuat pemakainya tak nyaman tapi menunjukkan kualitas lulur tersebut.




Tips Wanita

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us