5 Manfaat sehat yang tersembunyi dalam kecambah

Kecambah biasanya dijadikan tambahan untuk makanan, namun sebenarnya manfaat dari kecambah tak bisa dianggap remeh. Kecambah adalah salah satu makanan yang tak mahal dan kaya nutrisi. Di dalamnya terdapat banyak protein, vitamin, mineral, serta serat diet yang baik untuk tubuh.

5 Manfaat sehat yang tersembunyi dalam kecambah

Kecambah kaya akan vitamin, seperti vitamin B, C, dan karotein. Makanan ini juga membantu penyerapan mineral jadi lebih baik dalam tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan makan kecambah, seperti dilansir oleh Health Site (24/02).

1. Mengontrol gula darah
Kecambah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tak berbahaya untuk gula darah. Makan kecambah bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2 sekaligus penyakit kardiovaskular.

2. Mudah dicerna
Banyak orang yang mengeluh tak bisa mencerna biji-bijian atau kacang-kacangan dengan baik. Hal ini tak akan terjadi pada kecambah. Kecambah lebih mudah dicerna dan bisa membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. KEcambah kaya enzim dan bisa menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu, kecambah juga menurunkan tingkat zat anti-enzim yang menyusahkan pencernaan.

3. Menjaga keseimbangan asam-basa tubuh

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita perlu mengonsumsi makanan asam dan basa dengan seimbang. Kacang-kacangan dan biji-bijian biasanya terlalu asam sehingga harus diimbangi dengan makanan alkali seperti buah dan sayur. Salah satu makanan alkali yang bisa membantu menyeimbangkan asam-basa tubuh adalah kecambah.

4. Tidak menyebabkan kembung
Kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran biasanya bisa menyebabkan produksi gas dalam lambung meningkat. Hal ini tak akan terjadi jika Anda mengonsumsi kecambah. Kecambah tidak akan memicu produksi gas dalam tubuh. Karena itu, makan kecambah akan menurunkan risiko terkena masalah kesehatan atau pencernaan yang berkaitan dengan kelebihan gas dalam perut.

5. Membantu diet
Kecambah adalah salah satu makanan yang direkomendasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kecambah juga dilengkapi dengan vitamin dan serat yang akan membuat Anda cepat kenyang serta mengurangi keinginan untuk ngemil. Karena itu, kecambah sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Kecambah juga hanya mengandung sedikit kalori.

Itulah beberapa manfaat hebat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi kecambah. Jangan ragu lagi untuk menambahkan kecambah pada makanan Anda untuk merasakan manfaatnya di atas.




Info Sehat

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us