7 Cara untuk dapatkan kulit cantik dengan susu

Susu memang cairan penuh gizi. Kaya akan berbagai vitamin dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi selain baik untuk dikonsumsi sebagai makanan, susu ternyata juga cocok untuk merawat kecantikan. Kandungan dalam susu seperti vitamin A, vitamin B, protein, dan Alpha Hidroxy Acids yang kaya manfaat itu juga bagus untuk menutrisi kulit Anda.

7 Cara untuk dapatkan kulit cantik dengan susu

Sudah lama susu dijadikan bahan untuk membuat berbagai produk kecantikan seperti sabun, krim, atau produk perawatan rambut. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal susu, sebaiknya gunakan susu segar (sudah dipasteurisasi) yang vitamin dan proteinnya masih relatif utuh. Anda bisa mencoba 7 perawatan alami dari susu yang dikutip dari Mag For Women dan sumber-sumber lainnya.

1. Meringkas pori-pori
Susu dapat mengencangkan pori-pori yang terbuka, agar kulit tampak lebih halus dan mulus, bebas komedo. Gunakan saja cotton bud yang sudah dicelupkan ke dalam susu (atau campuran susu dan madu) kemudian oleskan secara merata di kulit wajah yang pori-porinya lebar, seperti area hidung, dagu, dan dahi. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini setidaknya tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

2. Menghaluskan kulit
Vitamin A, vitamin B6, vitamin D, biotin, dan protein dalam susu ampuh untuk menjadikan kulit halus dan lembut. Untuk mendapatkan kulit tubuh yang lembut dan bercahaya, Anda bisa meniru resep Cleopatra yang rajin mandi dengan susu. Caranya, campurkan 5 cangkir susu segar ke dalam air hangat untuk mandi, tambahkan setengah cangkir madu dan minyak esensial. GUnakan untuk berendam. Lakukan perawatan ini seminggu sekali atau seminggu dua kali agar hasilnya cepat terlihat.

3. Memutihkan kulit
Barangkali Anda sudah tahu kalau susu dapat menjadikan kulit lebih cerah. Karena itulah beberapa merek sabun kecantikan dan lotion menambahkan susu dalam komposisi produk mereka. Kandungan Alpha Hidroxy Acids (AHA) dalam susu dapat mengangkat sel kulit mati, sementara protein dan vitaminnya mengatasi pigmentasi pada kulit.

Anda bisa membuat masker dengan perpaduan susu, madu, dan lemon yang juga mampu mencerahkan kulit. Usapkan ke wajah dengan handuk bersih yang sudah dicelup ke air hangat dan diperas. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

4. Mengangkat sel kulit mati
AHA dalam susu menjadikan cairan ini cocok untuk eksfoliasi. Anda bisa membuat scrub susu sendiri dengan memadukan susu dan oatmeal. Keduanya dapat mengangkat sel kulit mati dengan lembut tanpa menjadikan kulit teriritasi. Gosok ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar selama beberapa menit, sampai kulit Anda terasa halus. Kemudian bilas hingga bersih.

5. Meredakan iritasi
Beberapa orang mudah mengalami alergi karena kontak dengan bahan alergen tertentu atau terpapar sinar matahari. Akibatnya muncul ruam-ruam yang terasa gatal. Hal ini bisa diredakan dengan mengoleskan susu. Cukup celupkan cotton bud ke dalam susu kemudian oleskan ke bagian kulit yang teriritasi.

6. Mencegah penuaan dini
Garis halus dan kerutan yang mulai bermunculan di wajah Anda bisa diatasi dengan perawatan susu. Anda bisa membuat masker wajah yang berbahan susu dan pisang. Campurkan daging buah pisang yang sudah dihaluskan dengan sedikit susu sampai menjadi pasta kental. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Jika dilakukan secara rutin bisa menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah Anda.

7. Mengatasi jerawat
Siapa sangka kalau susu juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat? Susu bisa meredakan peradangan pada jerawat. Selain itu susu dapat membersihkan kulit dengan lembut dan tuntas. Jadi kulit berjerawat Anda bisa terhindar dari bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang membandel Anda tinggal membasuh wajah dengan susu. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas lagi dengan air hingga benar-benar bersih. Dengan perawatan ini jerawat dan noda hitam akan berkurang.






Tips Wanita

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us