Puasa Berselang Bikin Hidup Anda Panjang Umur

Puasa berselang atau puasa intermiten bisa mengubah genetik Anda untuk membantu Anda hidup lebih lama, sebuah studi baru menunjukkan.

Puasa Berselang Bikin Hidup Anda Panjang Umur
Penelitian tersebut diujicoba tikus hidup yang dibiarkan puasa berselang. Tikus tersebut, menunjukkan mereka bisa hidup lebih lama dan tidak rentan menderita penyakit yang berkaitan dengan pertambahan usia, karena adanya peningkatan gen SIRT 3.

“Gen SIRT 3 mempromosikan umur panjang dan juga terlibat dalam respons sel pelindung," kata Dr Michael Guo dari Harvard Medical School, sebagaimana dilansir dari Torontosun.

Yang dapat menjadi masalah akibat puasa adalah keletihan, yang lebih besar daripada manfaatnya. Berpuasa setiap hari dapat membuat Anda kekurangan gizi. Namun, bila dilakukan secara berselang, akan ada lebih banyak manfaat yang didapatkan.

"Orang tidak ingin kekurangan makan selama hidup mereka. Sehingga kami mulai memikirkan konsep puasa berselang," kata anggota penulis penelitian Dr Martin Wegman dari University of Florida.

Peneliti juga menguji 24 orang yang diminta berpuasa secara berselang selama 10 minggu. Mereka secara bergantian diminta makan hanya 25 persen dari asupan kalori harian mereka pada satu hari, lalu makan 175 persen di hari berikutnya. Ternyata, itu menunjukkan adanya sedikit peningkatan pada gen SIRT 3.  (okezone.com)




Info Sehat

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us