Mengenal Khasiat Ketumbar Untuk Kecantikan Tubuh

Ketumbar merupakan salah satu bumbu masak yang paling sering digunakan untuk membumbui makanan. Ketumbar (Coriandrum sativum) memiliki bentuk seperti biji kecil-kecil dengan diameter 1-2 mm. Daunnya yang hampir menyerupai seledri itu seringkali dijadikan bahan taburan oleh orang thailand untuk masakan seperti sup atau salad.

Bahan herbal ini memiliki kandungan penting, seperti minyak esensial, kalium, zat besi, magnesium, kalsium, antioksidan vitamin C, dan folat. Nutrisi ini, memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Terlepas dari manfaat kecantikan dan kesehatan, ketumbar juga digunakan dalam industri parfum, karena memiliki kesegaran aromatik.

Berikut, beberapa manfaat ketumbar untuk kecantikan

1. Membantu Mencerahkan Kulit
Kerusakan pada kulit sebagai akibat dari paparan cahaya matahari, serta luka atau masalah kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan timbulnya flek atau terjadi hiperpigmentasi yaitu warna wajah yang tidak merata. Walau kalian bisa memakai concealer untuk menyamarkan warna kulit yang tidak merata, tapi pengunaan concealer terlalu sering bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Tapi  dengan menggunakan ketumbar kalian bisa membantu menghambat proses pembentukan melanin  serta menghilangkan warna  kulit tidak rata serta menghilangkan noda-noda pada wajah.

Kalian hanya perlu membuat masker dari ketumbar, dengan cara mencampurkan bubuk ketumbar atau ketumbar yang dihaluskan dengan air, kemudian oleskan pada kulit wajah kalian.

2. Menyembuhkan jerawat
Siapkan satu sendok teh sereh, ketumbar, dan minyak kamomil. Kemudian, rebus semua bahan tadi dalam secangkir air dan dinginkan. Setelah itu, haluskan bahan hingga menjadi pasta, oleskan pada wajah selama 30 menit.

3. Sembuhkan komedo
Untuk menyingkirkan komedo, Anda dapat membuat pasta dengan menggunakan satu sendok teh jus ketumbar bersama satu sendok teh air jeruk nipis. Kemudian, terapkan pada daerah yang terkena komedo selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

4. Melebatkan Rambut
Ketumbar ternyata sangat bermanfaat untuk melebatkan rambut kalian. Kalian cuma perlu menyiapkan segemgam ketumbar, kemudian kalian giling ketumbar lalu sangar ketumbar yang sudah kalian haluskan hingga keluar minyaknya. Kemudian dinginkan minyak ketumbar, lalu bisa langsung kalian oleskan pada kulit kepala sambi kalian pijat secara perlahan.

Tunggulah kurang lebih 15 menit, kemudian bilaslah dengan menggunkan air biasa. Untuk hasil maksimal kalian perlu melakukannya 3-4 kali dalam sebulan secara rutin. Ini  juga bisa meminimalkan jika rambut kalian sering mengalami kerontokan.

5. Mengatasi kulit kusam
Jika kalian mempunyai kulit wajah yang terlihat kusam serta kurang dirawat, kalian bisa memakai masker ketumbar. Caranya sangatlah sederhana, kalian bisa mecoba sendiri dirumah. Kalian hanya perlu menyiapkan bubuk ketumbar kemudian tambahkan air secukupnya. Lalu aduk sampai tercampur rata hingga menjadi pasta atau masker. Kemudian oleskan pasta atau masker ke wajah, sambil dipijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit.  Kemudian diamkan sampai mengering, dan bilaslah wajah kalian dengan menggunakan air hangat.

6. Mempercepat Pertumbuhan Rambut
Jika kalian ingin mempercepat pertumbuhan rambut, kalian bisa memanfaatkan ketumbar. Kalian hanya perlu menyiapkan bubuk ketumbar kemudian tambahkan air secukupnya. Kalian juga bisa mencampurkan beberapa tetes susu kental serta telur kedalam adonan ini. Lalu aduk sampai tercampur rata hingga menjadi pasta atau masker. Kemudian oleskan pasta atau masker ke rambut, sambil dipijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit. Lalu gunakan air ketumbar ke rambut kalian, sambil menuangkan jangan lupa untuk memijat rambut secara perlahan. Untuk hasil maksimal kalian perlu melakukannya 3-4 kali dalam sebulan secara rutin.

Cantik

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us