4 jenis batu perhiasan terlangka dan termahal di dunia

Sejak jaman dahulu kala manusia telah menganggap benda-benda indah dan langka sebagai simbol kemuliaan, barang siapa yang mengenakan benda tersebut maka statusnya akan di pandang semakin tinggi. Bagi mereka para pencinta perhiasan berkantong tebal, benda-benda indah dan langka adalah sesuatu yang bisa menjadi incarannya, tak heran mereka rela mengeluarkan uang yang cukup banyak demi mendapatkan benda-benda indah yang di idam-idamkannya. Seperti batu-batu perhiasan yang satu ini, karena keindahan dan jumlahnya yang sangat terbatas di dunia, membuat harganya begitu tinggi hingga bisa mencapai ratusan miliar.

Jenis batu perhiasan apa sajakan itu, berikut ini kami sajikan informasi 4 jenis batu perhiasan terlangka dan termahal di dunia.


1. Tanzanite

Terlihat batu ini begitu indah dan jernih dengan kilauan warna birunya yang begitu mempesona, walaupun sepintas batu ini terlihat berwarna biru tua namun sebenarnya Tanzanite bisa berubah-rubah warna dari biru ke ungu dan sebaliknya. Batu ini sangat langka dan hanya terdapat di kaki gunung Kalimanjaro, Tanzania Utara. Di perkirakan batu ini akan habis di tambang dalam kurun waktu 20 sampai 30 tahun kedepan.

jenis batu perhiasan terlangka dan termahal di dunia
Tanzanite
Komposisi batu Tanzanite ini terdiri dari Kalsium, Aluminium, Silikon, Hidrogen, dan Oxigen. Kisaran harga Tanzanite adalah US$ 600 (Sekitar Rp 7,2 juta) – US$ 1.000 (sekitar Rp 12 juta) per karat.

2. Black Opal

Sesuai namanya batu perhiasan ini berbentuk opal dengan warna dasar hitam dan memiliki bercak warna-warni yang membuatnya terlihat unik dan indah. Black Opal merupakan varian terlangka dari sekian jenis batu opal yang ada, batu ini juga merupakan batu nasional negara Australia karena hampir seluruh batu Black Opal yang beredar berasal dari pertambangan Lightning Ridge, New South Wales.
jenis batu perhiasan terlangka dan termahal di dunia
Black Opal

Komposisi Black Opal ini terdiri dari Silikon, Hidrogen, dan Oksigen. Kisaran harga Black Opal adalah US$ 2.300 (sekitar Rp 27,6 juta) per karat.

3. Alexandrite

Batu perhiasan ini terlihat memiliki bentuk bulat yang dedikit lonjong dengan kilauan warna keemasan, membuat Alexandrite terlihat sangat mewah, dan indah. Meskipun di gambar warnanya terlihat keemasan namun menurut keterangan, batu ini dapat terlihat berubah warna dari merah ke hijau dan sebaliknya.

jenis batu perhiasan terlangka dan termahal di dunia
Alexandrite

Nama batu ini sendiri di ambil dari nama Tsar Alexander II Rusia. Jenis batu ini pertama kali di temukan di Ural Rusia pada tahun 1980. Tadinya batu ini di anggap telah habis di tambang, namun baru-baru ini ternyata batu ini berhasil di temukan di Brazil, Afrika Utara, dan Srilanka dalam jumlah yang terbatas.

Komposisi batu ini terdiri dari Berilium, Alumunium, dan Oksigen, Kisaran harga Alexandrite adalah US$ 12.000 (sekitar Rp. 144 juta) per karat.

4. Pink Star Diamon

Dan yang terakhir adalah batu perhiasan Pink Start Diamon yang memupakan batu perhiasan termahal dari daftar batu -batu perhiasan sebelumnya. Sesuai namanya batu ini terlihat memiliki bentuk yang sedikit lonjong dengan sudut-sudut lancip seperti bintang, memiliki kilauan warna merah muda ke unguan, membuat batu perhiasan ini terlihat indah dan mempesona.

jenis batu perhiasan terlangka dan termahal di dunia
Pink Star Diamon

Pink Star Diamond pertama kali di tambang pada tahun 1999 di Afrika Selatan. Batu yang memiliki berat 59,6 karat ini berhasil terjual di sebuah pelelangan di Sotheby’s dengan harga yang sangat fantastis yaitu US$ 83 juta atau jika di rupiahkan hampir mencapai satu Triliun rupiah  yang berarti harga per karatnya saat itu adalah US$ 1,3 juta (sekitar Rp 16,7 miliar).




Uncategorized

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us