Mengapa Aroma Khas Seseorang Bisa Memberi Kesan Mendalam

Untuk meningkatkan rasa percaya dirinya, kaum perempuan tidak cukup hanya mengandalkan penampilan fisiknya saja melalui pemilihan gaya atau buasananya.

Tak jarang perempuan juga menambahkan aksesori plus wewangian pada tubuhnya untuk menyempurnakan penampilannya.

Dan secara ilmiah, aroma yang keluar dari tubuh perempuan , selain dapat membuat dirinya semakin percaya diri dan terkesan lebih memukau di mata orang lain, ternyata juga akan meninggalkan kesan sangat mendalam bagi orang lain yang mencium aroma tubuhnya. Ya, aroma khas seseorang bisa meninggalkan kesan mendalam atas orang tersebut.

Mengapa Aroma Khas Seseorang Bisa Memberi Kesan Mendalam
Seperti yang dikatakan oleh psikolog klinis Tara De Thouars, "Wewangian yang khas menempel pada tubuh perempuan atau disebut signature scent , secara ilmiah ternyata mampu menciptakan perasaan emosional tak hanya pada pemakainya tapi juga terhadap orang lain yang menghirupnya."

Tara melanjutkan, signature scent atau wewangian yang dipilih seseorang untuk membangun identitas atau karakter yang sesuai dengan dirinya, memiliki ikatan emosional dengan pemakainya.

Lebih jauh Tara mengatakan, "Signature scent merupakan kunci utama untuk membentuk personal signature yang dapat menguatkan kesan tak terlupakan bagi orang lain. Misalnya, suatu hari saya pakai parfum atau wewangian tertentu, lalu orang lain yang menghirupnya akan lebih mengenal saya melalui wewangian itu. Selang beberapa waktu ketika saya bertemu orang itu lagi, ia akan mengingat saya lewat keharuman yang saya pakai."

Indera penciuman memang bisa membuat sebuah aroma meninggalkan memori tertentu yang bertahan lama. Hal ini mungkin terjadi lantaran, kata Tara, indera penciuman manusia akan mengirimkan memori mengenai keharuman yang dihirupnya ke dalam sistem saraf pusat di dalam otak.

"Di dalam otak manusia ada yang namanya sistem limbik, di mana terdapat dua area yang fungsinya menyimpan memori yang berkaitan dengan emosi. Yakni di sebutHippocampus dan Amigdala. Sehingga ketika seseorang mencium aroma tertentu, memorinya akan mengantar ia mengingat sesuatu atau seseorang. Dan memori ini sifatnya bisa jangka panjang atau tak memiliki batas untuk lupa," papar Tara.

Tak heran, ujar Tara, bila seseorang mengaku akan tetap ingat aroma tubuh atau wewangian yang dipakai ibunya sejak ia masih kecil hingga ia dewasa, misalnya.

"Itu jugalah yang terjadi ketika seorang perempuan menggunakan wewangian yang khas dan lekat dengan pribadinya, ia akan selalu diingat oleh orang lain sampai kapan pun juga. Kesan mendalam itulah yang dapat ditinggalkan oleh wewangian."

Nah, agar selalu dikenang oleh seseorang, ada baiknya Anda kini mulai mengidentikan diri dengan keharuman tertentu yang dijadikan sebagai signature scent Anda.

http://www.tabloidnova.com/Nova/Kecantikan/Tubuh/Mengapa-Aroma-Khas-Seseorang-Bisa-Memberi-Kesan-Mendalam




Tips Wanita

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us