Tidur Setelah Makan Bikin Berat Badan Naik?

Kebanyakan ahli akan setuju berat badan bertambah ketika kita mengambil lebih banyak kalori daripada yang kita bakar. Sementara itu, tampaknya logis bila dikatakan makanan yang kita makan di tengah hari yang aktif akan terbakar lebih cepat dan efisien daripada saat tidur.

Tidur Setelah Makan Bikin Berat Badan Naik?
Seperti dilansir dari Webmd, Mark Moyad, MD, Ketua Pencegahan dan Pengobatan Alternatif di University of Michigan Medical Center, mengatakan bahwa kenaikan berat badan tidak didasarkan pada waktu 24 jam.
"Ini mengenai jumlah kalori yang Anda ambil selama periode waktu dibandingkan dengan berapa banyak yang tubuh Anda bakar, yang kemudian menentukan apakah Anda akan menambah berat badan atau tidak," kata Moyad.

Studi terbaru menunjukkan bahwa hewan yang pernah diteliti menghindari makan malam sesudah makanan ringan dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Makan di malam hari dapat mengganggu jam tubuh dan mengubah hormon yang mengontrol nafsu makan dan akhirnya mengakibatkan kenaikan berat badan.

Untuk menjawab mitos ini, ahli gastronomi anak, Joseph Levy, MD menjelaskan bahwa ketika kita lelah atau stres di penghujung hari yang sibuk, makan tepat sebelum tidur dapat membuat pencernaan lebih sulit dan dapat menyebabkan lebih banyak gas, kembung, dan mulas.

"Ada 'otak' di dalam usus yang membantu untuk memastikan bahwa makanan bergerak melalui sistem pencernaan pada kecepatan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat. Namun saat sudah kelelahan, akan ada penurunan jumlah kontraksi pemindahan makanan dalam sistem pencernaan yang membuat makanan lama dan sulit diproses," kata Levy.  (lifestyle.okezone)




Tips Diet

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2011 Mahkota Sehat | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us